Suka Makanan Jepang? 5 Hal Ini Adalah Etika Makan Makanan Jepang yang...

Suka Makanan Jepang? 5 Hal Ini Adalah Etika Makan Makanan Jepang yang Harus Kamu Tahu

Makanan Jepang
Source: Your Youtopia

Sekarang sobat pasti sering banget deh liat restoran Jepang bertebaran di mana-mana, bahkan kios sushi atau takoyaki pun bukan lagi hal baru di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Makanan Jepang sudah menjadi hal yang cukup lumrah di Indonesia saat ini, dan nggak heran juga sih kalau sekarang banyak banget yang demen sama yang namanya makanan Jepang.

Tapi sobat tahu nggak sih, bahwa sebenarnya ada beberapa aturan yang harus sobat pahami dalam memakan makanan Jepang? Kalau di Indonesia sih memang bakal jarang banget yang risih saat lihat sobat makan makanan Jepang nggak sesuai aturan, tapi masa sih mau salah terus cara makannya? Baca dulu yuk lima etika memakan makanan Jepang yang harusnya nggak boleh sobat langgar.

Jangan Meletakkan Sumpit diatas Mangkuk yang Berisi

Makanan Jepang
Source: Wikimedia

Sering nih kalau kita makan ramen atau udon lebih memilih untuk meletakkan sumpit di atas mangkok. Ternyata hal ini sebaiknya tidak dilakukan sob! Di Jepang, sumpit seharusnya diletakkan di tempat penyangga sumpit atau hashioki, kalau tidak ada, sobat bisa menggunakan alat-alat lainnya untuk menyangga sumpit.

Jangan Menggunakan Tangan Untuk Mengantisipasi Makanan yang Jatuh

Makanan Jepang
Source: Pixabay

Orang Indonesia cenderung memakan dengan menggunakan satu tangan lainnya untuk mewadahi makanan yang mungkin jatuh. Ternyata hal ini nggak berlaku di Jepang, karena menurut budaya Jepang, mewadahi makanan yang jatuh dengan tangan dianggap tidak sopan. Ada wadah pipih untuk mewadahi makanan yang jatuh di beberapa restoran Jepang, tapi kalaupun tidak ada, sebaiknya tidak usah menggunakan apapun.

Jangan Menusuk Makanan Dengan Sumpit

Makanan Jepang
Source: Preview Chicago

Karena nggak mahir pakai sumpit akhirnya makan dengan menusukkan sumpit ke makanan, rasanya sering juga ya kita lihat di food court mall? Jangan lho, sob! Bagi orang Jepang, hal ini sangat tidak sopan untuk dilakukan. Kalau memang nggak bisa makan dengan sumpit, sobat bisa kok minta sendok atau garpu.

 

Jangan Menggigit Makanan Jadi Dua dengan Gigi Lalu Mengembalikannya ke Piring

Makanan Jepang
Source: Your Youtopia

Lho? Bukannya hal ini wajar? Ternyata di Jepang hal ini nggak wajar, terutama untuk makanan seperti sushi yang bisa dimakan sekali gigit. Kalau di negara kita, diajarkan untuk makan sedikit demi sedikit, tapi bila di Jepang, mengembalikan makanan yang sudah digigit jadi dua dengan gigi itu tandanya kurang sopan. Sobat bisa membelahnya terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam mulut.

 

Inilah beberapa etika yang harus sobat pahami saat memakan makanan Jepang, meskipun sebagai seorang turis di Jepang atau sebagai orang yang makanan primernya bukan makanan Jepang kadang wajar bila nggak mengikuti etika-etika di atas, tapi ada baiknya lho sobat ikutin. Hitung-hitung nih, belajar makan pakai sumpit biar nggak dipandang sebelah mata sama gebetan. #eh

Source: Naver Matome via Rocketnews24

Comments