Aku Senang Surabaya Punya Banyak Kuliner Bebek Goreng yang Sangat Fenomenal

Aku Senang Surabaya Punya Banyak Kuliner Bebek Goreng yang Sangat Fenomenal


Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Republik Indonesia, selain itu Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan dan industri di kawasan timur Indonesia. Selain itu, Surabaya juga dikenal sebagai surganya kuliner dari segala penjuru nusantara. Hampir semua jenis makanan ada di kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan, tak terkecuali bebek goreng. Anda tidak perlu pergi ke sebuah restoran mewah atau hotel, cukup ke sebuah depot sederhana atau warung kaki lima Anda sudah bisa merasakan sensasi nikmat kuliner bebek goreng yang bisa memanjakan selera lidah.

Surabaya memang dikenal dengan kuliner bebek goreng karena dagingnya yang empuk, tidak bau amis dan juga sambalnya yang pedas. Dengan cita rasa yang tiada duanya itu, dipastikan bisa menambah selera makan Anda. Bahkan, beberapa orang pun mengistilahkan bahwa saat makan bebek di warung kaki lima di Surabaya tidak perlu mengeluarkan “jurus tinju matahari” untuk dapat menikmati empuknya daging bebek di Surabaya. Kali ini, Aku Senang merangkum beberapa kuliner bebek yang sudah terkenal cita rasanya di Surabaya (nomor urut tidak mencerminkan kualitas cita rasa, karena masing-masing tempat memiliki rasa yang sama enaknya).

1. Bebek Tugu Pahlawan

1. Bebek-Pahlawan2

Photo Credit : Bebek Tugu Pahlawan

Warung kaki lima ini sudah sangat dikenal oleh arek-arek Suroboyo karena lokasinya berada tepat di seberang Tugu Pahlawan. Warungnya buka di pelataran parkiran ruko-ruko yang telah tutup dengan menggunakan tenda bongkar pasang. Warung bebek yang buka mulai jam 6 sore ini selalu ramai oleh pengunjung, tak jarang untuk menikmati sepiring nasi bebek pengunjung pun harus rela mengantri. Warung Bebek Tugu Pahlawan juga dikenal dengan sebutan “Bebek Mega” karena konon katanya mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri juga pernah mencicipi nasi bebek disini.

 

2. Bebek Papin (Pasar Pecindilan)

bebek papin

Photo Credit : Bebek Papin

Mendengar namanya, Anda tentu menyangka jika warung bebek kaki lima yang satu ini berasal dari luar Surabaya. Padahal, Papin sendiri rupanya merupakan singkatan dari Pasar Pecindilan karena lokasinya tidak jauh dari pasar tersebut dan sudah berjualan sejak pertama kali pada tahun 1990. Bebek Papin dimasak bumbu kuning dengan racikan ala Madura. Bahkan, pemilik warung menyebutnya dengan bumbu jawara alias Jawa Madura. Selain itu, daging Bebek Papin dikenal super empuk. Hal inilah yang membuat Bebek Papin bisa memasak hingga 300 ekor bebek setiap hari.

 

3. Bebek Kayu Tangan

3. bebek-kayu-tangan (1)

Photo Credit : Bebek Kayu Tangan

Tidak sedikit orang-orang yang gemar dengan nasi bebek akan tergila-gila dengan cita rasa yang disajikan oleh warung Bebek Kayu Tangan di daerah Bratang Gede. Hal ini dikarenakan cara memasaknya yang memang berbeda dengan yang lainnya. Sekalipun digoreng, cita rasa Bebek Kayu Tangan masih tetap terasa enak di lidah dan tidak seperti krupuk karena cara menggorengnya yang terlalu kering dan garing. Bebek Kayu Tangan menyajikan daging bebek yang empuk dan kaya bumbu plus sambalnya yang pedas hingga pas di lidah. Ditempat ini, bebek goreng disajikan dengan kremesan yang ditaburkan di atasnya. Seporsi bebek disajikan lengkap dengan kremesannya, nasi putih, lalapan, sambal dan seiris jeruk nipis dalam sebuah piring.

 

4. Bebek 75

bebek 75

Photo Credit : Bebek 75

Warung Bebek 75 yang berlokasi di Jalan Ngagel Rejo ini menawarkan seporsi nasi bebek dengan harga yang murah namun rasanya tidak murahan. Daging Bebek 75 ini rasanya gurih dan terdapat aroma wangi khas bumbu rempah-rempah. Walaupun sambalnya tidak terlalu pedas tapi rasanya tetap pas di lidah. Bahkan, ada yang bilang kalau Anda datang ke warung ini sekitar jam sembilan malam (saat mau tutup) maka Anda bisa mendapat bonus jeroan (ati atau rempela dan juga tetelan). Setelah merasakan nikmatnya daging Bebek 75, bisa dipastikan Anda akan ketagihan dan akan datang kembali kesini.

 

5. Bebek Wachid Hasyim

5. bebek h wachid hasyim

Photo Credit : Bebek Wachid Hasyim

Jangan mengaku pecinta bebek goreng di Surabaya jika Anda belum pernah merasakan Bebek Goreng H. Wachid Hasyim yang terletak di Jalan Jemursari. Tempat ini wajib dikunjungi karena menyajikan daging bebek goreng yang digoreng tidak terlalu kering, dan dagingnya sangat empuk dan gurih. Yang paling spesial disini adalah saus bumbu siram berwarna kuning kehijauan yang sangat khas. Bumbu tersebut bertekstur agak kasar mirip saus rendang dan sarat dengan rempah-rempah. Saus bumbu ini bisa menambah cita rasa dan selera makan Anda tentunya.

 

6. Bebek Cak Dai

6. Bebek-Goreng cak dai

Photo Credit : Bebek Cak Dai

Bebek goreng Cak Dai yang sudah ada sejak tahun 2000 dan berada di Jalan Gayungan PTT ini mampu memuaskan selera makan para pecinta kuliner bebek. Betapa tidak, daging bebek yang disajikan berukuran cukup jumbo dan tebal dibandingkan ditempat yang lainnya. Namun, Anda tidak akan merasakan kesulitan saat menggigit daging bebek yang tebal tersebut karena disajikan dengan sangat empuk. Sekalipun tidak ada sambal pencit (mangga muda) seperti ditempat lainnya, tapi sambal sambal yang disajikan sudah sangat pedas dan pas serta ditambah bumbu ijo yang dapat menambah selera makan Anda.

 

7. Bebek Palupi

7. Bebek Goreng Palupi_Rungkut_Surabaya_3

Photo Credit : Bebek Palupi

Walaupun awalnya berjualan di emperan jalan dan hanya buka di malam hari setelah maghrib, tapi cita rasa Bebek Palupi tidak perlu diragukan lagi. Daging bebek yang disajikan empuk sekali dan tidak berbau amis serta aromanya cukup harum khas bumbu rempah-rempah. Anda dijamin akan ketagihan saat merasakan empuknya daging bebek palupi yang berpadu dengan nasi hangat yang dilumuri bumbu coklat dan srundeng. Sangat pas rasanya di lidah.

 

8. Bebek Cak Sandy

8. bebek cak sandy

Photo Credit : Bebek Cak Sandy

Nama bebek goreng Cak Sandy sudah sangat terkenal di lidah pecinta bebek goreng di Surabaya. Hal ini dikarenakan tekstur bebek yang disajikan sangat empuk, tidak kenyal, dan mudah lepas. Rasa gurihnya cukup menyenangkan dan tidak sampai membuat tenggorokan sakit sesudah makan ataupun menyebabkan eneg. Seporsi nasi bebek yang disajikan terdiri dari 1 potong paha atau dada, lalapan, sambal pedas dan nasi yang sudah dilumuri dengan bumbu bebek yang menambah rasa gurih. Lupakan sejenak kandungan kolesterol pada seporsi nasi bebek Cak Sandy dan Anda akan mendapatkan sensasi yang tiada duanya.

 

9. Bebek Hitam Sayeki

9. bebek hitam sayekti

Photo Credit : Bebek Hitam Sayeki

Berbeda dengan warung nasi bebek yang lainnya, bebek goreng yang ditawarkan disini sesuai dengan namanya yakni bebek yang dagingnya berwarna hitam. Walaupun sedikit berwarna hitam, tapi rasanya tidak kalah lezatnya dengan bebek goreng pada umumnya. Hal itu ditunjukkan dengan warung bebek hitam Sayeki yang tidak pernah sepi oleh pecinta kuliner bebek. Bahkan, sekalipun warung yang berada di Jl Dharmahusada ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam tapi terkadang Anda akan mendapati bebeknya sudah habis. Terlebih pada saat jam makan siang dan juga makan malam. Hal ini dikarenakan warung ini tidak pernah sepi dari pembeli.

 

10. Bebek Sambel Mercon Kayon

Nasi Oseng-Oseng Bebek Mercon @ Bebek Mercon

Photo Credit : Bebek Mercon

Bebek goreng di Surabaya memang dikenal memiliki cita rasa yang istimewa, tak terkecuali Bebek Sambel Mercon yang terletak di Jl Kayoon, Surabaya. Betapa tidak, sensasi pedas yang ditawarkan disini dijamin akan membuat Anda menjadi lebih segar. Hal ini dikarenakan sambalnya yang tampak garang dan nendang. Belum lagi jika dipadu dengan dengan aroma bumbu rempah-rempah tentu akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya sekali lagi.

 

11. Bebek Harissa

11. bebek harissa

Photo Credit : Bebek Harissa

Tidak seperti yang lainnya, Bebek Goreng Harissa yang terletak di Jalan Merr Surabaya ini tergolong tempat makan baru di Surabaya. Namun, Anda dijamin akan tertarik untuk datang kesini walaupun hanya melihat dari brosurnya saja. Bebek Harissa menawarkan banyak sekali menu bebek goreng. Diantaranta adalah bebek goreng biasa, bebek goreng sambal hijau, dan bebek goreng sambal rica-rica. Ada juga pilihannya mau beli bebek yang 1 porsi utuh atau yang 1 potong biasa. Kalau yang 1 porsi utuh mungkin untuk porsi keluarga biasanya.

 

12. Bebek HT

bebek ht

Photo Credit : Bebek HT

Bebek Goreng HT yang berada di Jalan Karang Besar Empat memang sudah sangat terkenal. Racikan bumbu Bebek HT bahkan bisa dibilang legendaris karena sudah ada di Surabaya sejak tahun 1988. Bebeknya berkulit garing namun dengan daging yang tetap basah empuk tanpa jejak amis yang mengganggu sangat menggugah selera makan Anda. Tidak sedikit yang menyebut bahwa daging bebek HT sangat empuk seperti dimasak dengan teknik presto.

 

13. Bebek Purnama

13. bebek purnama

Photo Credit : Bebek Purnama

Saat berkunjung ke Surabaya, bisa dipastikan Anda akan menemukan banyak sekali warung kaki lima yang menyajikan nasi bebek dengan label “Purnama”. Bebek purnama ini adalah salah satu bebek yang cabangnya paling banyak di Surabaya, biasanya tenda warungnya warna kuning. Namun Anda perlu hati-hati dalam memilihnya, karena banyak juga yang palsu. Pasalnya, Bebek Purnama yang asli terletak di Jl. Purnama depan ex bioskop Purnama, atau ada juga yang asli di Jl Bratang, Surabaya.

 

14. Bebek Pak Qomar

bebek qomar

Photo Credit : Bebek Pak Qomar 

Terletak di Jl. Lontar arah Citraland, warung Bebek Pak Qomar buka mulai pagi sampe setengah sore. Kiosnya kecil tapi jangan tanya deh seberapa pembeli yang datang, ramenya minta ampun. Seringnya, kalo datang agak sorean buat beli bebek yang ada juga sudah habis duluan, tinggal tersisa ayam aja. Apa yang menyebabkan Bebek Pak Qomar begitu diminati pelanggan? Katanya sih, Pak Qomar sedikit membocorkan rahasia dapurnya. Menurut beliau, untuk menghilangkan amis yang melekat, bebek terlebih dahulu direbus dengan racikan bumbu yang spesial. Sehingga saat digoreng akan menimbulkan aroma yang lezat dan nikmat.

 

15. Bebek Cak Yudi

bebek-goreng-cak-yudi1

Photo Credit : Bebek Cak Yudi

Warung bebek yang satu ini berada di Jl. Tanjung Torawitan, dan sudah dekat sekali dengan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Lokasinya berada tidak jauh dari POM Bensin Perak. Bebek goreng ini juga memiliki sambal yang khas yaitu sambal mangga muda atau pencit dalam bahasa Jawa Timur-an. Penyajiannya juga dilengkapi dengan siraman minyak kuning pada nasinya untuk menambah kegurihan bebek goreng ini. Bagi yang gak kuat pedes emang kudu hati-hati, atau bisa juga disiasati dengan mencampur sambal + kecap manis, tapi rasanya masih tetep enak kok.

 

16. Bebek Sinjay – Bangkalan, Madura

16. bebek sinjay

Photo Credit : Bebek Sinjay

Sebagai bonus, kami menambahkan bebek goreng Sinjay yang sudah sangat terkenal bagi pecinta kuliner di Surabaya. Hal ini dikarenakan tekstur bebek yang sangat empuk, bumbunya meresap hingga ke dalam dan juga disajikan dengan taburan keremes. Memakannya hanya dengan nasi hangat dan keremes saja, sudah sangat nikmat. Tapi, jangan melupakan sambal pencit yang merupakan ‘jodoh’ si bebek. Sambal ini berupa irisan mangga, yang dicampur dengan cabai rawit jawa, bawang. Rasanya, ekstra pedas dengan sentuhan segarnya asam dari mangga. Untuk merasakan sensasi nikmat Bebek Sinjay sekarang Anda tak perlu lagi menempuh jarak yang cukup jauh ke kota Bangkalan dengan menyeberang Jembatan Suramadu. Pasalnya, di Surabaya sudah ada dua cabangnya yakni di daerah Kapas Krampung dan juga di ruko daerah Jemursari diseberang Taman Pelangi Jl. A Yani Surabaya.

 

 

Bagaimana kawan, sudah puas dengan berbagai macam olahan nasi bebek yang sangat lezat di Surabaya. Sebaiknya Anda menyiapkan banyak waktu luang untuk dapat mencicipi sensasi daging bebek yang empuk, gurih dan nikmat khas Surabaya. Tak lengkap rasanya jika Anda ke Surabaya tapi belum mencicipi kuliner yang satu ini. Selamat berburu nasi bebek sesuai selera Anda, kwek…kwek…kwek…kwek…kwek

Comments