Tom Clancy’s The Division PC – TPS on Drug!!

Tom Clancy’s The Division PC – TPS on Drug!!


Tom Clancy’s merupakan seri yang menelurkan game-game ternama seperti Splinter Cell dan Rainbow Six. Kali ini, giliran developer Ubisoft Massive unjuk gigi dengan mengeluarkan game berjudul Tom Clancy’s The Division atau Division. Setelah ditunda selama tiga tahun, apakah game ini masih bisa memukau para penggemarnya, maupun orang yang baru mengenathui keberadaan game ini? langsung saja kita bahas bersama mengenai game bergenre Third Person Shooter yang satu ini.

Klik video dibawah untuk melihat review dalam versi video.

Bergantung Pada Spek PC dan ISP

Hal yang paling pertama saya perhatikan ketika bermain seri Tom Clancy yang satu ini adalah FPS dan latency. Dari segi grafis, memang benar adanya bahwa Division memiliki penurunan dari segi detail, maupun efek. Namun, game ini secara keseluruhan masih memukai dan memiliki detail yang perlu diacungi jempol, dimana Desain kota Manhattan yang ada di game ini hampir sama persis dengan kota yang asli. Ketika berbicara mengenai spesifikasi PC, wajar saja bila untuk memainkan game ini, kalian membutuhkan spek yang tidak kalah tinggi dengan seri Assassin Creed.

Division5

Ciluk baaaa!!

Selain spesifikasi PC, kalian juga harus memiliki koneksi internet yang stabil, mengingat game ini hanya memiliki mode online. Selain itu, kalian harus berhati-hati pada penyakit lama Ubisoft yaitu koneksi yang kadang bersifat naik turun tanpa ada alasan yang jelas.

Gameplay yang Unik

Division6

Ngintip-ngintiiip

Berbeda dengan banyak game shooter yang lebih memilihuntuk menggunakan elemen klasik, gameplay yang dimiliki oleh Division lebih mengarah kepada game Gear Of War. Walau tidak memiliki kemampuan untuk melompat maupun tiarap, namun karakter kalian memiliki kemampuan untuk bersembunyi pada objek-objek padat seperti sisi mobil, atau bangunan. Sistem cover menurut saya memiliki keunggulan tersendiri dari segi realistis, maupun taktis dimana terdapat berbagai macam cara bagi kalian untuk memaksa musuh kalian keluar dari tempat persembunyian, maupun merangsak masuk dan menghabisi semua orang dengan cepat.

Division2

Eish senjatanya cakepan sekarang

Dalam mengalahkan musuh kalian, kalian juga dibekali dengan peralatan canggih seperti seeker bomb yang berupa sebuah granat yang dapat mengejar musuh kalian tanpa mengenal lelah. Selain itu, kalian juga bisa mengupgrade senjata yang kalian miliki, seperti menambahkan teropong atau peredam suara. Kegunaan dari modifikasi senjata sendiri selain membuat senjata kalian terlihat sangar, juga untuk membuat senjata tersebut sesuai dengan keperluan kalian, seperti meningkatkan jarak efektif, memiliki banyak peluru, ada berdaya rusak tinggi.

PvP dan PvE

The Division memiliki dua macam Instance dengan kategori yang berbeda yaitu PvE dan PvEvP. PvE terbagi menjadi dua jenis, yaitu open PvE yang merupakan wilayah pesisir kota manhatan yang dipenuhi oleh musuh, berbagai macam misi dan benda-benda seperti cell phone audio yang dapat dikoleksi kalian. Selain itu, terdapat juga mission instance yang bisa dibilang sebagai dungeon, dimana kalian bisa mengulang berbagai macam misi yang ada serta mengatur tingkat kesulitan yang ada.

Division3

Belakang musuh, didepan rogue agent….

Mengenai instance PvPvE, Division memiliki zona yang tidak asing lagi bagi orang-orang yang pernah memainkan game bertipe survival seperti Dayz, maupun H1Z1. Dark Zone atau DZ merupakan area dimana pemain bisa membunuh NPC yang ada, maupun player lainnya dengan sengaja maupun tidak disengaja. Zona ini tergolong populer karena terdapat banyak sekali item-item berkualitas tinggi yang bisa kalian dapatkan ditempat ini. Wajar saja apabila ada beberapa player yang memilih jalan pintas dengan cara merampok player lainnya. Berdasarkan pengalaman yang saya temukan ketika berpetualang di Dark Zone, tidak jarang bagi saya untuk menemukan drama-drama yang awalnya bermula dari peristiwa sepele yang bisa dengan cepat menanjak menjadi dendam pribadi. Oleh karena itu, selalu waspada terhadap siapapun yang ada didekat anda ketika berada di Dark Zone.

One Year Content

Tiga tahun pengembangan sepertinya membuat developer dari game ini untuk memiliki berbagai macam cara untuk menarik pelanggan, serta membuat mereka betah untuk waktu yang lama. One Year Content merupakan senjata marketing utama bagi Ubisoft Massive, dimana mereka berjanji bakal menyiapkan konten baru setiap bulannya. Salah satunya adalah menghadirkan instance baru bernama incursion yang kabarnya merupakan multi group based instance, dimana kalian harus bekerjasama dengan grup lainnya untuk menghancurkan pasukan musuh.

Dua hal Pengganjal Niat

Walau bisa dibilang bahwa game ini penuh dengan kilauan cahaya, saya masih menemukan kekurangan vital yang dapat membuat orang mengurungkan niat untuk membeli game ini. Pertama adalah masalah sistem rogue agent yang kalian dapatkan ketika menyerang player lain ketika menjelajah di Dark Zone. Ketika kalian menjadi rogue, penalty yang kalian dapatkan cukup besar dan pastinya bakal meningkat dengan cepat seiring dengan banyaknya player lain yang kalian bantai pada waktu itu. Hal tersebut membuat banyak orang enggan untuk menjadi bringas, dan tidak jarang dimanfaatkan para oknum yang secara sengaja melakukan apapun untuk bisa ditembak oleh kalian.

Division4

Good ball..go get him!!

Selain itu, koneksi juga merupakan masalah utama dari game ini.  tidak jarang bagi saya untuk mengalami masalah ping latency yang mendadak meningkat drastis tanpa alasan yang jelas, dan saya juga menemukan banyak orang yang curhat mengenai hal yang satu ini di forum. Untungnya developer game ini juga sudah mengetahui dan sedang mencari cara untuk memperbaiki kedua masalah tersebut.

Kesimpulan

Sebagai game yang tertunda selama tiga tahun lamanya, Tom Clancy’s The Division merupakan game yang layak untuk ditunggu-tunggu karena gameplay yang dimiliki sangat rapih dan intens. Selain itu, developer game ini juga sudah memiliki rencana jangka panjang agar orang-orang masih membicarakan, serta memainkan Division dalam waktu yang lama. Apabila kalian merupakan penggemar game bertema RPG shooter, dan memiliki spesifikasi PC dan koneksi yang bagus, maka Tom Clancy’s The Division merupakan pilihan game yang baik untuk kalian mainkan.

Sekian review dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya

Comments