Dying Light – Zombie + Parkour = Awesome

Dying Light – Zombie + Parkour = Awesome


Suka game bertema zombie? ingin memainkan game first person bertema zombie apocalypse dimana karaktermu bisa bergerak secara leluasa? Pada bulan Januari lalu, Techland yang sebelumnya terlibat dalam pembuatan game Dead Island, merilis game Dying Light yang menggabungkan unsur zombie dan parkour dari Mirror Edge. Apakah kedua elemen tersebut bisa menghasilkan sebuah game yang bagus? langsung saja kita lihat fitur-fitur yang dimiliki oleh Dying Light.

Pros

Parkour system
Fitur paling ikonik dari Dying Light adalah kemampuan parkour yang membuat kraktermu bisa lompat kesana-kesini, hiraukan segala masalah dimuka umi ini..maaf.  Dalam game ini, kalian memiliki segudang cara utuk menuju tempat yang kalian inginkan, baik itu melalui rute normal, maupun rute-rute yang cukup  “radikal”  untuk menghindari sergapan musuh.

Dying Lighy Grapple

Sabar ya say

Selain itu, sistem parkour juga bisa digunakan ketika kalian sedang terlibat baku hantam. Semakin tinggi level karakter kalian, maka kalian bakal menemukan variasi jurus-jurus ampuh seperti graple untuk membalikkan serangan musuh, maupun dropkick yang ampuh untuk tipe musuh besar seperti goon.

Night Mode
Apabila kalian mengingkan tantangan yang dari sekedar gerombolan zombie letoy, maka kalian bisa menunggu hingga malam hari yang bakal membuat perjalanan menjadi jauh lebih beresiko. Hal tersebut dikarenakan oleh jenis makhluk bernama volatile yang hanya keluar pada malam hari. Selain kuat dan lincah, volatile memiliki kemampuan untuk memanggil kawan-kawannya!! lari merupakan opsi terbaik yang kamu miliki ketika berpetualang dimalam hari.

Dying Light Volatile

Hands off the merchandise!!

Modable Client
Sama seperti Dead Island, dalam game ini kalian dapat memodifikasi data yang ada dalam game. Techland memberikan software map editor, dimana kalian dapat mendesain map sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Saat ini terdapat banyak sekali jenis custom map yang ada di steam workshop. Jadi apabila kalian  sedang bosan dengan area yang itu-itu saja, maka bisa mencoba map yang dibuat oleh para player.

Dying Light RHS

Round one fight!!

Selain Map Editor, kalian juga sebenarnya bisa mengutak atik parameter yang sudah  ada,  seperti ragam unit, damage senjata, skill, dan masih banyak lagi. Kalian dapat menemukan berbagai jenis mod yang bisa kalian gunakan di situs nexusmods.com. Video berikut adalah mod buatan saya yang pastinya bakal membuat Dying Light menjadi lebih “Radikal”. Untuk deskripsi dan  download bisa dilihat di link ini

Cons

Low Quality Storyline
Apabila kalian mengharapkan alur cerita yang jauh lebih baik dari game zombie sejenis seperti Dead Island, maka anda kurang  beruntung. Banyaknya Plot-hole  serta skrip yang membuat karakter seperti Brecken yang sebelumnya terlihat keren di trailer Dying Light, mendadak berubah menjadi seperti kakek-kakek yang hanya bisa memerintah dan ngambek.

Dying Light Jade

Tolonglah mbak Jade jangan mewek terus

Tidak hanya disitu, adanya karakter pembantu wanita seperti Jade yang memiliki background story seorang jawara kickboxing pun masih berhasil dirusak oleh dengan skenario yang  tidak jelas juntrungannya. Terlebih lagi, adanya penambahan karakter antagonis seperti Rais yang awalnya cukup masuk akal, namun menjadi absurd pada bagian akhir game. Kenapa harus susah payah membuat karakter penjahat yang berbelit-belit, apabila game ini sudah memiliki makhluk berkekekuatan super seperti volatile!!

Region Based  Network
Karena game ini sudah berumur agak lama, maka sudah sewajarnya jika jumlah player semakin berkurang. Namun, perjuangan untuk mencari player lain semakin dipersulit dengan ketidakmampuan bagi player untuk memilih region. Cara untuk menembus sistem yang merepotkan tersebut adalah meng-add player sebagai temanmu di steam, atau melalui cara “diluar” Steam.

Dying Light Que

Krik..krik..krik

Night Hunter Mode
Bukannya saya  menentang adanya mode PvP dalam game ini, tetapi mode ini menuru saya lebih kearah merepotkan dibanding menyenangkan. Ketika player lain menginvasi karaktermu, secara otomatis misi apapun yang sedang kalian jalani bakal akan diganti oleh misi pvp yang mengharuskanmu untuk berkeliling kota. Seharusnya Night Hunter bisa memiliki mode free roam, dimana para Night Hunter bisa megganggu player lain tanpa harus mengubah game mode yang ada.

Dying Light Night Hunter

Maju bentar -> invade -> selesai invade -> diinvade lagi T_T

Kesimpulan

Walaupun alur cerita yang dimiliki oleh game ini tidak begitu bagus. Menurut saya, tidak salah lagi bagi Dying Light untuk menjadi game action horor yang memiliki gameplay terbaik tahun ini. Apabila kalian menginginkan game action horror yang cukup solid, maka game ini merupakan pilihan terbaik bagi kalian. Good Night, Good Luck.

Sekian Review dari saya, sampi jumpa pada artikel berikutnya.

Comments