Game Buatan Indonesia

Game Buatan Indonesia


Ditengah-tengah pertarungan antara publisher game PC diseluruh dunia, ternyata publisher game yang berada dalam negara Indonesia yang kita cintai ini (ciee) pelan-pelan mulai bermunculan dan dikenal serta mendapat pujian tidak hanya didalam negri, akan tetapi juga dari para player diluar sana. Tanpa basa basi lagi, berikut adalah daftar game buatan Indonesia.

Dreadout

Pada suatu hari, saya terbangun ditengah malam dan mendengar suara…ehm…buat kalian yang suka game horor tapi masih lebih takut dengan hantu lokal dibandingkan versi luar negri, Digital Happiness pada tahun lalu merilis game horor yang dipenuhi hantu lokal, yaitu Dreadout.

Dreadout

Dalam game ini kalian akan bermain sebagai Linda, Siswi SMA yang terjebak dalam sebuah desa misterius bersama teman-teman dan guru pembimbing yang sexeeh…anyway, dalam game ini karaktermu memiliki senjata ampuh yaitu kamera HP yang bisa mengalahkan para hantu-hantu usil dengan cara memotret mereka. Selain itu, banyaknya informasi yang bisa kamu dapatkan didalm game, baik mengenai para hantu, maupun apa yang telah terjadi didesa misterius ini membuat game Dreadout menjadi salah satu game lokal yang terkenal di platform Steam. Walaupun sistem combat yang digunakan Dreadout bukanlah sebuah hal yang orisinil, game ini merupakan salah satu kandidat game horor buat Indonesia yang masuk kedalam daftar buy list.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: 15 Mei, 2014

Pale Blue

Walau masih dalam tahap pembuatan, Pale Blue yang merupakan game bergenre adventure platformer buatan Tinker yang satu ini benar-benar membuat saya penasaran. Pale Blue merupakan sebuah game bertema futuristik, dimana karakter yang akan gunakan memiliki wujud innocent tapi sangat mematikan!!

Pale Blue

Berbeda dengan plot cerita modern pada umumnya dimana kamu berperan sebagai orang baik, atau tertindas yang akan bertempur melawan musuh yang jahat. Pale Blue mengambil sudut pandang dari pihak antagonis, dimana karakter utamamu Ellen merupakan senjata pemusnah masal yang memiliki misi untuk menghabisi para pahlawan yang melindungi bumi. Dalam menjalankan misinya, karaktermu dibekali kekuatan mengerikan untuk menghabisi para prajurit, serta kemampuan untuk berubah wujud. Menurut informasi yang ada, terdapat beberapa ending dalam game ini yang ditentukan dari tindakan dan pilihan yang kamu buat. Apakah kualitas cerita Pale Blue ini akan menyaingi judul game AAA diluar sana? kita lihat saja nanti.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: TBA

Motte Island

Buat kalian yang membenci ngengat, terutama yang berukuran raksasa…maka belilah obat anti serangga. Motte Island merupakan game horor buatan Gamebell studio yang menggunakan angle camera bird eye view dimana kamu akan menghadapi berbagai macam musuh mengerikan, termasuk ngengat berukuran raksasa..,yang sepertinya tidak bisa dihadapi oleh obat serangga biasa.

Motte Island

Motte Island bercerita tentang seseorang yang berusaha untuk menyelamatkan saudara perempuannya yang berada di pulau yang dikuasai oleh kekuatan jahat. Selain harus melawan kumpulan musuh-musuh yang ingin memakanmu, terdapat unsur horor klasik seperti jumpscare yang membuatmu harus waspada dengan apa yang akan menunggu dibalik tikungan. Walau dengan tingkat grafik yang tidak begitu bagus, Gamebell bisa mengubah kekurangan tersebut menjadi sebuah atmosfir yang mencekam. Well played Gamebell, well played.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: 8 April, 2014

Boma Naraka Sura

Judul game yang agak sulit diingat dan dilafalkan ini merupakan game buatan Anantarupa Studio yang mengambil nama dari kisah dari negri India yang diadopsi di dunia perwayangan Jawa. Boma Naraka Sura merupakan game adventure yang bertema mistis.

Boma Naraka Sura

Boma Naraka Sura bercerita mengenai seorang gadis bernama Sveta yang kehilangan nyawanya lalu terjebak di alam yang bernama Narakaloka. Ia bertemu dengan seorang asura bernama Boma yang dipenjara selama ribuan, dimana akhirnya mereka bekerja sama agar Sveta bisa menuntaskan tujuan utamanya, yaitu mengembalikan ingatannya yang hilang agar ia akhirnya bisa beristirahat dengan tenang. Walau belum ada informasi lebih detail mengenai gameplay dari game ini, Boma Naraka Sura bisa dibilang merupakan salah satu game buatan Indonesia yang mengadopsi unsur wayang. Sekuat apakah akulturasi dari unsur klasik tersebut dalam game ini? kita lihat saja nanti.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: TBA

Winterflame: The Other Side

Sepertinya game 2D adventure merupakan langkah pertama bagi para pengembang game dalam negri. Winterflame: The Other Side merupakan game adventure platformer buatan Artoncode yang menggunakan desain 3D.

download

Cerita dari Winterflame: The Other Side diambil dari novel Indonesia “Vandaria”, dimana karaktermu berusaha untuk menyelamatkan seseorang yang ia cintai, serta berusaha untuk menemukan jati dirinya. Dari trailer dan screenshot yang ada dalam situs steam, Winterflame: The Other Side bakal memiliki unsur puzzle yang cukup menarik. Selain itu, desain karakter serta stage yang dimiliki oleh game ini terkesan agak unik yang menurut saya memiliki unsur dark fantasy.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: TBA

An Octave Higher

Notice me senpaai!! diantara banyaknya game adventure lokal yang bermunculan, An Octave Higher merupakan game buatan Kidalang yang mengambil tema gameplay visual novel dimana tema ini biasa digunakan pada game-game text based buatan Jepang.

An Octave Higher

An Octave Higher memiliki tipe gameplay visual novel dimana kamu hanya perlu mengikuti alur cerita, serta menentukan pilihan yang berujung pada ending yang berbeda. Genre seperti tidak bisa dianggap remeh karena semua terfokus pada alur cerita, dan Kidalang sepertinya berhasil meramu cerita yang bertema steam punk + magic ini yang akhirnya diterima dengan cukup baik oleh para audience. Buat kalian yang ingin menjajal seperti apakah kualitas game visual novel, An Octave Higher merupakan salah satu pilihan terbaik untuk game buatan Indonesia.

Sistem Pembayaran: Buy to Play
Tanggal Rilis: 27 Maret, 2015

Demikian daftar dari game buatan Indonesia versi akusenang.com yang memiliki kualitas serta ekspektasi yang cukup tinggi. Secara keseluruhan, memang baik dari segi kualitas grafik maupun masih tidak bisa dibandingkan dengan game AAA buatan perusahaan-perusahaan ternama, namun kamu juga harus mengingat bahwa mereka semua telah melewati perjalanan yang cukup panjang. Oleh karena itu, kalian bisa membantu para pengembang game Indonesia dengan cara membeli produk mereka.

Mencintai produk lokal bukan hanya semata karena produk tersebut buatan saudara sebangsa dan setanah air, akan tetapi juga karena produk tersebut memiliki kualitas yang baik, maupun masa depan yang cerah. Sampai jumpa lagi pada arikel yang berikutnya.

 

 

Comments