Kebijakan Steam Mobile Authentication

Kebijakan Steam Mobile Authentication


Bagi orang-orang yang sering melakukan transaksi jual beli melaui opsi steam trade pastinya sudah mengetahui akan adanya fitur “Trade hold“. Fitur yang satu ini memiliki tujuan untuk memblokir transaksi selama beberapa 3 hari, yang nantinya bakal ditingkatkan menjadi 15 hari. Hal tersebut ditujukan untuk meminimalisir kasus pengambilan barang-barang orang lain tanpa izin. Selain itu, pihak Valve juga mengatakan bahwa trade hold tersebut nantinya juga bakal berlaku bagi pembelianserta penjualan di steam market.

Untuk melakukan transaksi tanpa harus menunggu, kalian harus mendownload applikasi Steam Mobile Authentication dalam handphone kalian, dimana kalian akan mendapatkan kode yang digunakan sebagai pengamanan tambahan ketika log in, maupun notification apabila kalian melakukan transkasi. Saya mengerti bahwa Valve niat yang baik dalam mengembangkan sistem ini, namun sistem ini juga memiliki kelemahan-kelemahan yang membuat penggunanya kerepotan. Berikut adalah beberapa poin yang saya temukan ketika menggunakan aplikasi steam mobile authentication

steam1

Kode lagi, kode lagi…hadeeh

Aplikasi Steam Mobile Authentication

Kehadiran aplikasi ini juga membuat proses transaksi steam menjadi berputar-putar. Pasalnya, kalian wajib memiliki Handphone Android atau I-OS untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Apabila kalian tidak memiliki handphone yang memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi ini, maka kalian bisa menggunakan aplikasi bluestack untuk PC.

Tekan atau masukan kode berikut

Berbeda dengan email authentication yang hanya muncul apabila kalian login dari IP yang berbeda, pemilik aplikasi steam mobile wajib untuk memasukan kode yang ada didalam steam guard setiap kali kalian ingin login. Selain itu, pihak Valve juga mengatakan bahwa trade hold tersebut nantinya juga bakal berlaku bagi pembelia nserta penjualan di steam market.

Tidak ada kata tidak

Bagi pemilik akun steam yang hidup dari transaksi barang-barang seperti saya, kehadiran steam guard mengharuskan kami untuk memakai aplikasi tersebut apapun alasannya. Selain itu, kalian wajib untuk menunggu sekitar tujuh hari bagi aplikasi tersebut untuk benar-benar teregistrasi kedalam database steam.

Reaksi dari aplikasi Steam Mobile Authentication

Jackie

Aduh biyung…

Seperti yang saya duga, sistem ini juga mendapati banyak komentar negatif dari para pengguna steam. Dalam forum reddit, pemilik akun bernama Doctor_McKay tersebut merasa bahwa kebijakan trade hold malah membuat orang-orang enggan untuk melakukan transaksi. Ia juga mengatakan bahwa selain aplikasi ini tergolong cukup merepotkan, kebijakan ini bakal merugikan banyak, terutama orang-orang yang tidak memiliki Android atau IOS yang membuat mereka terpaksa untuk menunggu seperti orang lainnya yang tidak menggunakan aplikasi. Kalimat tersebut menurut saya memang benar adanya, karena tidak semua orang mengetahui cara registrasi steam authentication dengan menggunakan bluestack.

Selain itu, beberapa orang juga mengatakan bahwa steam hanya membutuhkan aplikasi untuk mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan ketimbang membuat tembok pengaman kedua yang tergolong merepotkan. Selain itu, aplikasi ini seharunya juga tidak diwajibkan bagi semua orang karena pada dasarnya jumlah korban yang terkena penipuan, maupun kehilangan ID tidaklah sebanyak yang diperkirakan.

Jadi bagaimana pendapat kalian mengenai sistem pengamanan tambahan milik steam yang satu ini? apakah kalian menyetujui, atau menolak kebijakan valve yang berdampak besar pada dunia transaksi steam? saya tunggu jawaban dari kalian pada kolom comment dibawah.

Sekian artikel dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

 

Comments