Mordheim: City of the Damned – GGWP!!

Mordheim: City of the Damned – GGWP!!


Bosan dengan game turn based karena terlalu mudah? ingin memainkan game yang memiliki tingkat  grafis  oke punya dan memiliki tingkat kesultan yang ekstrim? apakah kalian siap untuk menahan nafsu untuk melakukan tindakan anarkis seperti mengumpat dan merusak benda-benda disekitar anda akibat bermain game ini? jika kalian sudah siap dalam hal skill dan mental, langsung saja kita bahas Mordheim: City of the Damned hasil garapan……To Arms!!

Mordheim3

Melompat ke TKP!!

Grafik yang tergolong megah

Grafik yang dimiliki oleh Mordheim: City of the Damned termasuk dalam kategori menganggumkan dimana Dalam pengalaman saya, sangat sulit untuk mencari game bergenre turn based strategy modern yang memiliki tingkat grafis memukau seperti X-COM. Selain itu, Desain kota Mordheim yang tergolong detail memberikan aura yang menakutkan serta misterius yang sampai saat ini bisa membuat bulu kuduk saya berdiri.

Mordheim6

Ah nemu orang naik ku…aw -_-

Dari segi audio, kualitas background music, serta sound effect sudah cukup bagus. Sayangnya saya agak kecewa pada minimnya dialog yang dimiliki setiap unit. Hal tersebut mungkin juga dikarenakan pengalaman saya pada game bertema Warhammer, yaitu Dawn of War yang memiliki tingkat interaksi dan dialog yang cukup beragam, sehingga ekspektasi saya pada game ini cukup tinggi dalam segala aspek.

3D type Turn Based Strategy

Gameplay yang dimiliki oleh Mordheim: City of the Damned menurut saya lebih kompleks dari turn based secara umum. Dalam game ini, kalian harus terlebih dahulu memilih satu dari empat fraksi yang tersedia. Perlu diketahui bahwa masing-masing fraksi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, contohnya adalah fraksi Skaven yang tidak begitu tangguh secara individual, namun kemampuan mereka meningkat apabila kalian menyerang satu target secara bersama-sama.

Mordheim7

Formasi 3-5-2…kipernya sangar

terdapat dua hal penting yang harus selalu kalian perhatian ketika mengatur kelompok kalian, yaitu komposisi unit dan dana yang kalian miliki. Dalam mengatur formasi tim yang kalian miliki, kalian harus memastikan bahwa tim kalian siap bertempur dalam berbagai situasi, baik itu pertempuran jarak dekat, jarak jauh, dan situasi tertentu dimana kalian harus bertempur untuk melarikan diri ke posisi yang lebih baik. Dari segi dana, kalian juga harus memiliki cukup dana untuk membeli perlengkapan, mempelajari skill, merekrut unit, serta upah setelah bertarung yang secara keseluruhan bisa membuat dompet bolong dengan mudah.

Mordheim2

Ayo dewa RNG, pelorku kena sasaran pliiis

Elimination merupakan poin utama dari sebagian besar misi yang bakal kalian jalani. Dalam game ini, tujuan kalian adalah untuk menghabisi setiap pasuka sampai moral bereka turun dengan drastis hingga akhirnya mereka bakal menyerah. Hal tersebut terkesan sangat sederhana dan mudah dijalani…secara teori, namun kenyataannya berbeda 180 derajat. Ketika menjalani misi melawan NPC, kemungkinan besar setiap personel yang harus kalian hadapi memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding unikalian. Selain itu, Mordheim yang merupakan setting dimana karakter kalian berada memiliki beragam kejutan, seperti perangkap, maupun monster nentral yang memiliki kemampuan tempur yang dahsyat. Jadi wajar saja apabila kalian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan misi yang kalian jalani.

Dibunuh atau Dihabisi

Setelah sepuluh tahun lebih memainkan berbagai macam game termasuk turn basedMordheim: City of the Damned secara mengejutkan berada di puncak daftar game tersulit yang pernah saya mainkan. Alasannya adalah tingkat kesulitan yang ada ditambah fitur yang diadakan, serta ditiadakan. Ketika pertama kali memainkan game ini, kalian bakal menemukan hal yang janggal seperti tidak adanya menu save untuk menyimpan data permainan kalian. Benar adanya bahwa game ini mengadopsi sistem autosave, sehingga tidak ada kata “mengulang pada tahap tertentu” ketika kalian berada dalam situasi yang tidak diharapkan.

Mordheim

Dipukulin berjamaah

Selain itu, game ini memiliki sistem upkeep yang mengharuskan kalian untuk membayar upeti berupa wyrd stone kepada ketua clan kalian pada hari-hari tertentu. Wyrd stone juga merupakan alat tukar, dimana kalian bisa menukar batu-batu tersebut kepada organisasi atau klan yang ada dengan uang. Sayangnya, batu-batu ini hanya bisa kalian temukan ketika sedang menjalani sebuah misi. Hal ini membuat kalian mau tidak mau harus membagi tim kalian untuk mengalahkan musuh, serta mencari batu-batu tersebut beserta item lainnya yang tersebar di berbagai penjuru kota. Tidak jarang bagi anggota tim kalian untuk terjebak dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan yang berakhir dengan sangat buruk.

Mordheim5

Wilsoooooooooooooooon

Situasi yang berakhir dengan sangat buruk tersebut tidak jarang membuat salah satu anggota kalian masuk dalam daftar korban jiwa. Injuries merupakan hal yang bakal dialami anggota tim kalian apabila kalah atau terluka parah ketika menjalani sebuah misi. Sistem ini memberikan debuff atau cacat yang sifatnya permanen pada unit kalian, sehingga anggota kalian tersebut harus beristirahat selama beberapa hari. Beberapa jenis injuries tidak begitu fatal, namun cacat seperti kehilangan satu tangan yang membuat unit tersebut tidak bisa menggunakan senjata dua tangan bisa membuat kalian akhirnya terpaksa harus memecat anggota kelompok yang tidak jarang menjadi favorit bagi kalian. Selain itu, unit kalian juga bisa mati secara permanen yang tidak jarang membuat para player frustasi.

Mordheim4

Bukannya saya tidak menghargai emansipasi wanita ya mbak

Poin terakhir yang menurut saya merupakan alasan terbesar bagi banyak player untuk pensiun adalah absennya mode training. Dalam game ini, kalian diharapkan untuk memiliki level skill serta pengalaman setinggi mungkin…pada ronde pertama. Tidak tertutup kemungkinan bagi player untuk dibantai pada ronde awal yang memaksa mereka untuk mengulang game selama berkali-kali. Walau kalian sudah benar-benar memahami sistem yang dimiliki game ini, tidak tertutup kemungkinan bagi kalian untuk mengalami kejadian apes yang membuat kalian untuk membubarkan tim kalian yang sudah dibina selama puluhan jam.

Kesimpulan

Mordheim: City of the Damned merupakan game yang khusus diciptakan untuk orang-orang yang tahan banting dan memiliki skillcap tinggi dalam mengatur strategi. Game ini memang pada awalnya sangat sulit untuk dikuasai, namun kalian bakal mengalami kepuasan yang amat sangat besar ketika berhasil menaklukan segala tantangan yang ada dalam game ini seperti halnya ketika memainkan game Darksouls. Untuk kalian orang-orang yang haus akan tantangan dan gemar bermain game turn based, maka Mordheim: City of the Damned merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memuaskan dahaga kalian. Berani mencoba??

Sekian review dari rekan saya, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Comments