Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas Review

Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas Review


Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas

Sedang mencari game RPG casual? Mungkin kalian bisa mempertimbangkan Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas. Meskipun sudah rilis semenjak tahun 2015 kemarin di PC, game buatan Cornfox & Bros ini tetap menarik untuk dimainkan. Selain versi PC, Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas juga dibuat kedalam versi mobile (iOS).

Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas akan menceritakan kisah dari seorang pemuda yang sedang mencari tahu keberadaan ayahnya. Selain mencari sang ayah, pemuda ini juga harus menghadapi ancaman dari monster legendaris bernama OceanhornGame ini merupakan salah satu game yang membuat rekan saya Solusi betah untuk bermain dalam waktu yang cukup lama. Yuk langsung saja kita simak reviewOceanhorn: Monster of Uncharted Seas!!

Zelda reborn!

Banyak yang mengatakan bahwa Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas ini mirip dengan seri game Legend of the Zelda. Konsep gameplay yang ada dalam game ini juga mengikuti konsep gameplay dari Legend of the Zelda terutama The Wind Waker dan A Link to the Past. Kebetulan saya sendiri belum pernah memainkan game Legend of the Zelda jadi saya tidak bisa memberikan pendapat apakah Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas ini adalah cloning dari Legend of the Zelda. Hal yang pasti adalah saya menyukai gameplay dari game initerkesan casual namun tetap menunjukkan ciri khas RPG yang kental.

Oceanhorn2

Kurang vas…oh itu ada vas 😀

Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas menggunakan angle view isometric, dimana kalian akan melihat sang karakter utama dari atas yang sesuai dengan gameplay hack’n slash milik Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas. Ketika menghadapi musuh, kalian bisa dengan bebas bergerak dan menentukan cara untuk mengalahkan musuh tersebut. Selain normal attack, kalian juga bisa mengeluarkanmagic atau menggunakan gadget seperti bom dan panah. Variasi ini menurut saya justru membuat game ini menjadi menarik. Selain untuk menyerang, adapula gadget-gadget yang memiliki kegunaan lain contohnya pancing untuk memancing ikan.

Oceanhorn3

Sang karakter utama juga dapat naik level, dimana Semakin tinggi levelnya maka ia akan semakin kuat. Satu hal yang perlu saya jelaskan adalah dalam Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas tidak ada atribut seperti strength atau Defense. Jadinya apabila naik level, jangan harap daya serang atau health point milik sang karakter utama akan meningkat. Justru yang meningkat adalah jumlah bom atau anak panah yang dapat kalian bawa. Sayangnya,Equipment dalam game ini juga tidak dapat diganti atau dibeli dari NPC. Apabilagame ini memiliki fitur customizationseperti yang ada dalam RPG lain pasti akan lebih menarik.

Puzzle dan side mission

Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas juga memiliki berbagai macam puzzle yang harus diselesaikan oleh pemain. Pada bagian awal permainan, puzzle dari Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas ini masih dalam tahap masuk akal namun hal tersebut justru berubah pada bagian akhir. Beberapa puzzle menjadi luar biasa susah, dimana terkadang saya bahkan harus menggunakan guide untuk menyelesaikannya. Sistem fixed camera juga kerap menimbulkan kendala seperti tersasar karena tidak melihat jalan keluar yang terhalang oleh sudut pandang kamera.

Oceanhorn4

Camera angle = musuh alami gamer

Selain misi utama, tidak banyak variasi yang ditawarkan dalam Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas. Selain memancing, kalian juga bisa memainkan mini game. Setiap kali berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya, kapal kalian akan dihadang oleh berbagai macam rintangan. Dengan menggunakan senjata Pumpkin Seed Gun, kalian harus membersihkan rintangan tersebut. Hadiah dari mini game ini adalah experience point serta koin yang bisa digunakan untuk membeli perbekalan di NPC.

Oceanhorn5

Aku seorang kapiten, mempunyai….layar lebar

Kesimpulan

Overall Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas adalah game yang menarik. Seperti yang sudah yang utarakan sebelumnya, saya menyukai kesan casual yang dimiliki oleh game ini. Tidak seperti RPG lain dimana kalian harus mengerti berbagai macam hal apabila ingin menguasai game tersebut, Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas justru mudah dimengerti namun tetap menantang. Soundtrack dari game ini juga enak untuk didengar mengingat keterlibatan duo Kenji Ito dan Nobuo Uematsu.Saran saya adalah jika kalian mendapatkan kesempatan untuk memainkan game ini maka cobalah, dijamin kalian pasti akan menyukainya.

Sekian review dari rekan saya, sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

 Special thanks to Solusi as contributor.
Comments