Pengarang No Game No Life Kembali Menjiplak Karya Orang, Apa Sebenarnya yang...

Pengarang No Game No Life Kembali Menjiplak Karya Orang, Apa Sebenarnya yang Terjadi?

No Game No Life Tracing

Tahun lalu, pada saat kemunculan perdana No Game No Life sebagai anime dan di saat judul tersebut sedang memasuki masa populernya, terdengar kabar tidak enak yang sempat membuat heboh Netizen penggemar judul tersebut, yakni, ditemukannya bukti bahwa pengarang dari No Game No Life, Kamiya Yuu, menjiplak pose karya orang lain yang kemudian digambar dengan muka karakternya dan style gambarnya sendiri.

Kamiya Yuu Tracing

[Kiri adalah gambar asli dan kanan adalah gambar hasil tracing Kamiya Yuu, waduh, kakinya itu lho, mirip banget ya?]

Sebenarnya kalau kita pikir, hal ini tidak terlalu menjadi masalah besar bukan? Hanya menjiplak pose saja tetapi tidak menjiplak dan mengakui seluruh karya tersebut, apa salahnya? Berbeda dengan di Indonesia, di Jepang, hal tersebut sangat bermasalah. Terlebih ketika karya itu dipublikasikan untuk dijual. Contohnya saja kejadian beberapa tahun lalu, di mana Sou Miyata, seorang desainer karakter untuk game Muv-Luv Alternative: Total Eclipse, yang ketahuan menjiplak karya orang lain (meskipun akhirnya bagian kepala dan lain-lain diganti dengan karyanya sendiri), dipecat dari posisinya segera setelah berita itu mencuat. Serem banget kan?

Sou Miyata Tracing

[Kiri, gambar asli dari anime Infinite Stratos, kanan gambar Sou Miyata untuk Muv-Luv, bukan mirip lagi ini mah…]

Nah, sepertinya, pada tahun lalu, Kamiya Yuu berhasil lolos dari ancaman pemberhentian karyanya ataupun pemecatan lainnya, tetapi sayangnya, ia tidak kapok untuk terus melakukan jiplakan atau tracing dari karya orang lain.

Kamiya Yuu Tracing

[Kiri, gambar fan art Dragon Quest yang dirilis tahun 2013, kanan gambar Kamiya Yuu yang baru saja dirilis untuk seri ke-8 No Game No Life. Mas, gak kapok-kapok ya?]

Ya, gambar ini baru saja dirilis di forum 2ch di Jepang dan langsung menjadi viral. Banyak juga Netizen yang membela Kamiya Yuu, mengatakan kalau yang mencari kesalahan tersebut kurang kerjaan karena gambar yang di trace oleh Kamiya Yuu adalah gambar dari dua tahun lalu dari orang lain. Tetapi menurut Aku Senang nih, hal ini memang tidak baik, apalagi Kamiya Yuu adalah seorang pengarang yang memiliki sangat banyak penggemar.

Kamiya Yuu Tracing

[Meskipun bentuk kepalanya berbeda tapi badannya itu nggak bisa dipungkiri deh]

Tindak tracing Kamiya Yuu ini tidak sekali dua kali, namun banyak sekali. Entah apa yang ada di pikirannya sehingga ia bisa melakukan hal ini, bisa jadi karena dia memang tidak punya ide untuk pose, atau memang ia sama sekali tidak sengaja menggambar pose yang sama, siapa tahu? Tetapi yang jelas, daripada tracing atau menjiplak karya orang lain lalu dipergunakan untuk hal yang sifatnya komersil, mendingan belajar dari pose-pose asli deh, nggak usah menjiplak! Iya nggak? Apa kamu setuju dengan tindakan Kamiya Yuu ini? Atau kamu memang merasa bahwa hal ini sangat dibuat-buat untuk menjatuhkan nama Kamiya Yuu?Kamiya Yuu Tracing

[Posenya agak miring, tapi bentuk kepala, hingga lekukan tangan sangat mirip]

Featured image source: Youtube IMG

Edited by: Aku Senang Team

Comments