Sejarah Pakaian Renang atau Bikini dari Masa ke Masa

Sejarah Pakaian Renang atau Bikini dari Masa ke Masa


Pada tahun 300M (masehi), ada sebuah relief di Villa Romana del Casale, Italia yang memperlihatkan beberapa perempuan yang memakai  baju seperti bikini sekarang ini. Two pieces, bagian dada dan bagian celana dalam terpisah. Relief itu diketahui digambar setelah melihat para masyarakat romawi kuno sedang berolahraga. Jadi, dulu bikini digunakan untuk berolahraga.

Memang bikini jika dilihat dari struktur pakaiannya sangat nyaman untuk dibuat bergerak dibandingkan dengan baju biasa. Jadi wajar jika bikini digunakan di pertandingan olahraga terlebih dahulu sebelum sekarang ramai dipakai untuk berenang.

Itulah kapan pertama kali bikini atau pakaian renang ditemukan, yaitu sekitar tahun 300M. Lalu kapan tepatnya pakaian renang atau bikini digunakan untuk berenang atau sekedar duduk-duduk di pantai.

Orang di dunia tidak masih belum sadar nikmatnya berenang di laut

Ceritanya adalah ketika itu orang-orang di dunia masih belum melihat manfaat berenang di pantai. Jadi dulu pantai hanya sebagai objek yang berfungsi sebagai pemandangan. Tepatya tahun 1700, ketika itu revolusi industri sedang marak di Eropa. Beberapa orang sudah mulai mengetahui tentang nikmatnya berenang di pantai, tetapi tidak semua orang bisa berenang di pantai. Hanya kalangan-kalangan ningrat saja.

Lalu bagaimana pakaiannya? Pakaian yang dikenakan pun sangat lucu, masih lengkap seperti layaknya orang berpergian. Baru masuk tahun 1900, pakaian renang mulai diperkenalkan. Sekarang kita akan lihat bagiamana tren pakaian renang atau bikini dari masa ke masa.

1920an

1

Pada tahun ini, Amerika Serikat dengan Hollywoodnya mulai berperan dengan memperkenalkan pakaian renang di film-filmnya. Pakaian renang di tahun ini berbentuk tebal dengan kain wool, pakaian renangnya pun masih terusan. Yang unik adalah pakaian renang pada tahun ini memakai kaos kaki yang juga dari bahan wool.

1930an

2

Tidak ada perbedaan yang signifikan dari tahun 1920 ke 1930, yang berbeda adalah bahannya. Pada waktu itu Speedo, pembuat pakaian renang dari Amerika Serikat membuat baju dari bahan kain, sehinggal lebih enteng.

1940an

3

Dan inilah tahun dimana bikini mulai beredar, Louis Reard seorang desainer menelurkan bikini.  Nama bikini diambil dari ketika itu Amerika Serikat sedang mentest bom atomnya di Bikini Atoll daerah samudra Pasifik.

1950an

4

Marilyn Monroe membuat sensasi baru, ketika itu dia mempopulerkan bikini one piece atau terusan. Dan siapa sangka tahun ini bikini terusan lebih populer daripada two pieces.

1960an

5

Ceritanya, di salah satu pantai di Amerika Serikat ada pesta bikini dan saat itu cuaca sedang panas-panasnnya. Akhirnya bikini sudah mulai mengecil dan seksi.

1970an

6

Ini adalah tahun revolusi bikini, karena di tahun ini bikini sudah mulai berwarna-warni. Pada saat itu artis Farah Fawcett mengeluarkan poster bikini berwarna-warni. Poster tersebut terjual sampai 12 juta copy diseluruh dunia pada tahun 1975.

1990an

7

Oke, pakaian renang sekarang terinspirasi dari serial televisi yang sangat terkenal, Baywatch. Pamela Anderson yang sangat seksi dengan bikini merah membuat para penggemar bikini meniru. Pada tahun ini bikini mengalami perubahan di bagian celana dalam yang lebih tinggi.

Sekarang

8

Bikini menjadi tidak jelas, para pemakai bikini sekarang berbeda, ada yang meniru tahun 1950an, ada yang 1970an dan ada yang dari tahun 1990an. Pada intinya, orang yang memakai bikini sekarang bisa dengan mudah memakai model bikini dari tahun mana saja.

all images credit

Comments