Tags Posts tagged with "90-an"

90-an

Pacaran
Source: unsplash

Pacaran jaman sekarang mah gampang sob, tinggal buka hape semua beres, mau pacar kamu di mana aja kamu bisa tahu langsung. Kalau nggak dibales-bales chat-nya bisa teror temannya, bisa juga kamu mantengin statusnya dia atau bahkan sampai cari dia last check-in di mana, atau kalau dia sampai selingkuh pun kamu pasti gampang banget tahunya. Tapi kalau kamu ingat lagi, pernah gak sih kamu coba-coba pacaran waktu masih kecil atau lihat asisten rumah tangga atau kakakmu pacaran pas akhir tahun 90-an hingga awal 2000-an? Mereka tuh kalau pacaran bisa dikatakan susah-susah menyenangkan, karena dulu belum ada sosmed yang bisa di stalk jadi dia mau kemana aja kita nggak tahu, tapi romantisnya adalah kalau ketemu jadi seneng banget dan kalau telpon bisa berjam-jam saking kangennya, betul nggak sob?

Pacaran
Source: unsplash

Nah, benda-benda di bawah ini adalah benda yang menurut AkuSenang menjadi saksi bisu pacaran orang-orang akhir tahun 90-an dan awal 2000-an, jangan-jangan kamu pernah nyoba pakai salah satunya? Kita lihat yuk, sob!

 

Telepon Umum

Pacaran
Source: blogspot

Sebenarnya benda ini masih ada di beberapa sudut di kota-kota Indonesia, bahkan di Surabaya pun ada beberapa telepon umum yang masih ada, entah bisa digunakan atau tidak. Telepon Umum bisa dikatakan cukup murah, karena hanya dengan memasukkan beberapa uang koin, kamu bisa menelepon cukup lama. Sayang, benda ini dulunya nggak bisa dibuat telepon HP karena biaya telepon HP cukup mahal.

Telepon di Warung Telepon Alias WarTel

Pacaran
Source: Baladewa Kesumat

Kalau ngebet banget telepon HP pacar tapi gak punya HP, biasanya larinya ke WarTel. Tempat ini bisa dikatakan lebih nyaman dari telepon umum dan sifatnya privat banget. Populer di daerah pedesaan dulunya karena di desa jarang banget orang punya telepon.  Kalau ke WarTel, biasanya harus merogoh kocek sekitar 5000 rupiah kalau mau telpon lama, atau kalau telpon HP bisa lebih karena HP bisa-bisa kena 1000 rupiah per menit. Sejak kemunculan WarTel, orang yang pacaran lebih suka pakai jasa WarTel karena sifatnya privat jadi kalau mau sayang-sayangan silahkan aja.

Komputer WarNet dengan MIRC

Pacaran
Source: blogspot

Kalau sobat sudah bisa menggunakan internet di awal 2000-an pasti tahu banget sama yang namanya WarNet dengan MIRC. WarNet yang nggak punya MIRC itu pasti nggak gaul banget lah. MIRC adalah aplikasi chatting di mana sobat bisa berkenalan dengan orang lain di channel yang sobat masuki. Biasanya, orang main di MIRC pakai akun yang namanya nggak nama sendiri, seperti “co_ganteng” atau “ce_seksi”, semakin menarik nama akunmu maka sobat pasti bakal lebih banyak di chat sama orang. Nggak jarang orang yang akhirnya pacaran gara-gara MIRC, sayangnya nggak pernah denger orang pacaran pakai MIRC terus akhirnya menikah. Tanpa MIRC komputer di WarNet terasa hampa, pacaran di MIRC juga berasa asik karena nggak ada orang yang tahu siapa kamu sebenarnya.

Pacaran
Source: Unsplash

Sobat, siapa diantara kamu yang sudah mencoba semuanya? AkuSenang sudah coba semuanya lho, yang paling berkesan tuh lama-lama di WarTel sampai lupa kalau duitnya gak cukup akhirnya ngutang ke yang jaga, hahaha. Kalau sobat, ada pengalaman apa dengan benda-benda di atas ini?

Kamu-kamu yang lahir tahun 90-an pasti ingat serunya saat istirahat atau pulang sekolah kamu ke kantin untuk beli jajan-jajan yang murah nan enak pada zaman itu, sambil main bareng teman bagi kamu yang jarang beli jajan biasanya minta ke teman yang barusan dari kantin. Ah, zaman penuh dengan kepolosan itu. Yuk, kita nostalgia bareng dengan 7 jajajan pilihan Aku Senang yang bakal bikin kamu nostalgia masa kecilmu!

 

Permen Karet Lotte

1[Lotte gambar Demon]

Enak nan murah dan tahan lama, permen karet satu ini sering banget dijadiin koleksi karena bungkusnya macam-macam. Rasanya pun juga bermacam-macam dan biasanya cewek dan cowok membedakan memilih permen karetnya berdasarkan karakter yang ada di dalam bungkusnya.

 

Gulali

2[Gulali padat bentuk pistol]

 

Lengket dan agak susah dimakan, kadang membuat tenggorokan sakit, tapi jajanan yang satu ini memang favorit! Biasanya dibeli sepulang sekolah karena di dalam sekolah nggak menyediakan jajanan tersebut. Gulali pun bentuknya bermacam-macam, mulai dari ikan, bunga, sampai putri duyung. Dulu saya ingat ketika itu harga bentuk bunga hanya 100 rupiah sedangkan putri duyung 500 rupiah, cukup mahal untuk kantong saya.

 

Permen Rokok

DSCN2024[Permen Rokok Super]

Saat kecil ingin cepat dewasa soalnya merasa orang dewasa itu keren, salah satu yang menjadi indikasi bahwa kamu dewasa adalah rokok! Ya! Karena anak kecil nggak boleh ngerokok, akhirnya kita kabur ke permen rokok. Permen yang satu ini rasanya manis ini biasanya jadi favorit para cowok.

 

Koalala

20130313163121[Rasa favorit saya]

Salah satu jajanan yang agak mahal pada zaman itu, sampai sekarang jajan ini masih bisa kamu temukan di supermarket seperti Indomaret atau Alfa Mart. Koalala yang hadir dalam bermacam rasa ini biasanya saya beli seminggu sekali setelah menabung, karena rasanya super enak dan gak bikin tenggorokan sakit kayak gulali. Ditambah lagi jajan ini sangat empuk dan nggak perlu dikunyah untuk bisa dimakan karena langsung leleh di dalam mulut.

 

Chiki

iklan-chiki[Dulu harganya masih 150 rupiah!]

Rasanya kalau yang satu ini nggak ada anak kecil yang nggak pernah mencicipinya ya? Jajan yang hadir dalam berbagai rasa dan bentuk ini bisa dikatakan menjadi jajan nasional, mendampingi Indomie yang menjadi makanan nasional kita. Dulu maskot Chiki juga sering ditemui di kebun binatang atau taman bermain anak-anak membagikan sebungkus Chiki berbagai rasa dengan harga 3000-an.

 

Wafer Superman

Image0057[Super…man!]

Bersama dengan Chiki, wafer merek Superman menjadi jajan yang menemani anak tahun 90-an sebelum coklat seperti Top atau Beng Beng populer di Indonesia. Wafer ini juga nggak terlalu mahal dan rasanya enak banget! Meski bisa habis dalam tiga kali gigit, tapi wafer yang satu ini tiada duanya!

 

Mie Lidi

mie lidi[Yum yum happy!]

Kalau di Surabaya disebut dengan “Biting”. Mie yang satu ini enak banget karena banyak micin-nya dan harganya juga nggak mahal, cukup 50 rupiah dan kamu bisa merasakan nikmatnya jajan ini di saat istirahat! Salah satu jajan yang paling sering saya beli saat masih SD dulu. Oh ya, sekarang Mie Lidi ini dijual di Instagram dengan harga yang cukup mahal mencapai belasan ribu lho!

 

Nah, kalau jajan favoritmu apa nih? Saya sih pilih mie lidi, enak, banyak micin, dan murah. Nggak sehat banget ya?