Tags Posts tagged with "imlek"

imlek

travel murah

Long weekend sudah menjelang nih, sobat. Senin besok adalah hari libur, jadi hari ini sampai senin, sobat bisa bersenang-senang sambil gulung-gulung di kasur. Eits, tapi tunggu dulu, rasanya kok ada yang cetang-cetung di hape sobat ngajakin jalan ke 7 kota di Surabaya sambil mandi kembang di kota tua? Waduh, duit bisa langsung abis kalau begini caranya!

Sobat, tenang dulu, sobat bisa kok tetep ikutang ngetrip saat long weekend dan tetap memiliki uang yang cukup di hari-hari berikutnya hingga akhir bulan. Memang bisa? Tenang aja, ini dia tipsnya!

 

Jangan Jajan, Minta Punya Teman Aja

[Image Source]

Boleh sih sobat ikutan teman-teman tapi sobat nggak boleh jajan. Kalau sobat mau makan, makan yang berat sekalian jangan nyemil, dikit-dikit nyemil bakal bikin pengeluaran membengkak lho! Alternatif lainnya adalah bawa jajan dari rumah, lebih hemat dan sobat tetep bisa ngemil. Kalau ngebet banget pengen makan jajannya teman, minta aja deh sob, kalau namanya teman pasti dikasih kok barang sedikit aja. Nyobain jajan gratis, siapa yang nggak mau?

 

Biaya Menginap Mahal? Coba Tidur di McDonald

travel murah

[Image Source]

Salah satu cara backpack ala AkuSenang adalah dengan bobok di restoran atau kafe 24 jam. Trik ini hanya bisa dilakukan kalau sobat ngetrip bareng teman, kalau sendirian sebaiknya jangan, karena nanti bisa nggak bakal ada yang jagain barang sobat. Gantian bobok bareng teman di McDonald, ya boboknya cuma bisa sambil duduk sih, tapi kan menghemat biaya banget tuh, cuma pesen kopi satu udah deh bisa seharian di McDonald.

 

Jangan Paksain Beli Oleh-oleh

travel murah

[Image Source]

Minta oleh-oleh memang sudah jadi kebiasaan orang kemaruk, sudah tahu teman bokek malah dimintai oleh-oleh. Kalau Loopers merasa nggak perlu jangan dibelikan oleh-oleh deh. Kalaupun Loopers sungkan, belikan saja jajan khas tempat Loopers datang, itupun jangan satu orang di kasi satu bungkus, kumpulkan mereka bersama-sama dan barulah buka bungkus tersebut bareng-bareng, suruh mereka ambil satu-satu. Hemat kan?

 

Ini dia beberapa tips yang bisa AkuSenang berikan agar sobat ngga keteteran dan malah bokek setelah ngetrip nanti. Ingat ya, ngetrip itu bukan berarti sobat harus ngeluarin banyak duit lho!

Featured image source

Selamat Tahun Baru Imlek 2015 buat yang merayakan. Bagi angpao-nya dong, buat malam mingguan besok. Hehe. Eh daripada besok malam minggumu membosankan karena jomblo bingung mau ngapain, gimana kalau kamu menonton beberapa film spesial Imlek yang pasti seru badai (terinfeksi virus Syahrini sob). Ini nih 9 film Imlek yang recommended buat kamu tonton. Yuk monggo dibaca.

 

Kungfu Panda

1929791_18128967058_8619_n

[Photo Credit : yang gendut, yang gendut, bisa kali ya tiru keseriusan si Po ]

Siapa yang nggak tahu sama film animasi 3D yang punya karakter utama yang kocak dan gendut banget? Pasti tahu dong ya. Kenapa film ini cocok banget kamu tonton di Imlek kali ini adalah karena di film ini kamu akan bisa melihat aksi bela diri khas negeri tirai bambu, kungfu. Film ini udah ada 2 seri, yaitu Kungfu Panda dan Kungfu Panda 2. Rencananya sih akan dirilis Kungfu Panda 3 di tahun 2016. Kita tunggu aja ya.

Film pertamanya menceritakan Po, panda gendut yang terpilih menjadi salah satu anggota dari Furious Five dan menjadi master kungfu. Ia bersama dengan teman-temannya yang lain, yaitu Tigress, Monkey, Mantis, Viper dan Crane harus berusaha untuk melindungi Dragon Scroll agar nggak dicuri sama Tai Lung, anak angkat Master Shifu yang melarikan diri dari penjara. Sedangkan film keduanya bercerita tentang Po yang udah menjadi pendekar naga dan belajar jurus baru yang bernama jurus keseimbangan. Di film kedua ini, Po dan teman-temannya juga harus melindungi desa dari merak jahat yang ingin menguasai desanya.

Btw, buat kamu yang gendut, nggak perlu putus asa atau minder, kali aja kamu bisa seperti Po. Hehe.

 

Karate Kid

431927_10151391153352751_1398229198_n

[Photo Credit : Ciaaatt!! ampun tuk atuk  ]

 

Buat kamu yang mengaku penggemar Datuk Jackie Chan, kamu harus menonton film ini sob. Meskipun nggak banyak adegan kungfu yang dilakukan oleh Jackie Chan, tapi kamu akan melihatnya berperan menjadi guru kungfu. Nah yang jadi murid kungfunya ini diperankan oleh Jaden Smith yang nggak lain adalah anak dari aktor Will Smith. Diceritakan di film ini kalo Dre Parker (Jaden Smith) ini selalu di bully oleh teman-temannya sampai akhirnya ia bertemu dengan Mr.Han (Jackie Chan). Mr. Han ini membuat perjanjian pada gerombolan anak yang suka mem-bully Dre bahwa mereka boleh menghadapi Dre dalam turnamen kungfu yang akan diadakan. Nah, karena perjanjian itulah, akhirnya Dre harus berjuang keras berlatih kungfu. Kira-kira Dre bakal menang nggak ya?

 

IP Man

28376_114986931866726_7973453_n

[Photo Credit : Coba itung ada berapa pedang di dalam posternya ]

 

Ini nih film khusus buat kamu yang suka banget menonton aksi-aksi kungfu. Film ini udah punya 3 seri lho sob. Film Ip Man menceritakan tentang seorang ahli kungfu beraliran Wing Chun pada tahun 1930-an. Film ini diadaptasi dari kisah nyata lho. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 dan sekuel keduanya dirilis pada tahun 2010 dan dilanjutkan oleh sekuel ketiga pada tahun 2013. Kalau kamu merupakan orang yang suka sama film-film aksi bela diri, sepertinya Ip Man bisa banget memuaskanmu sob. Puas! Puas!

 

Kungfu Hustle

22775_145734924994_5394096_n

[Photo Credit : Siap-siap takjub dan ngakak bareng pas lihat film ini sob]

Kalau kamu butuh film Imlek yang bisa bikin ngakak, sepertinya film ini cocok banget deh. Nggak Cuma komedi aja yang ditawarkan, tapi kamu tetap bisa melihat aksi bela diri dari para pemainnya. Film ini berlatar pada tahun 1930 di kota Shanghai. Diceritakan kalau pada waktu itu, keadaan Shanghai lagi nggak oke karena adanya gerombolan yang selalu bikin resah masyarakat bernama geng Kapak. Masalah makin bertambah runyam saat ada seseorang bernama Sing (Stephen Chow) yang membuat kerusuhan dengan pura-pura menjadi anggota geng Kapak. Tentu aja hal itu malah membuat dirinya bermasalah sama geng Kapak yang sebenarnya. Duh ada-ada aja tingkahnya ya. Di film ini kamu bakal melihat keajaiban dan kocaknya para pemain meskipun lagi berantem. Apalagi yang paling nggak bisa lupa adalah aksi sang ibu kos yang teriakannya bisa bikin kaca jendela pecah. PECAH!

 

Shaolin Soccer

261523_456319234442001_33449630_n

[Photo Credit : Mbak-mbak boleh dong main sepak bola bareng ]

 

Nggak bosen sama aksi kocak Stephen Chow? Kamu bisa menonton aksi kocaknya yang lain di film Shaolin Soccer sob. Film yang dirilis pada tahun 2001 ini mengisahkan tentang seorang gelandangan yang ingin mengubah nasibnya dengan cara menerapkan ilmu bela diri shaolin yang dimiliknya. Dan yang bikin aneh nih, ia berusaha mengumpulkan teman-teman seperguruannya untuk menjadi sepak bola. Hmm, terus gimana ya jadinya bela diri shaolin dipadukan dengan sepak bola? Pastinya akan fantastis dan bikin ngakak.

 

CJ 7

1393612_10151791868584091_1710879308_n

[Photo Credit : Cewek-cewek pasti juga suka nih dikado beginian. Pasti bilangnya “cubanget cubanget” ]

 

Nah, kalau kamu udah dibuat tertawa sama film Kungfu Hustle, sekarang giliran kamu dibuat gemas, bahagia, dan juga sedih dalam waktu yang bersamaan oleh film yang satu ini. Film CJ7 ini bercerita tentang seorang buruh miskin bernama Chow Ti (Stephen Chow), yang tinggal bersama anaknya Dicky (Xu Jiao). Keadaan hidupnya miris sob, sang ayah harus menabung demi bisa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Sampai suatu hari, Chow Ti menemukan sebuah mainan yang diberikannya pada anaknya. Dan ternyata mainan tersebut adalah sebuah (sebuah apa seekor ya sob?) alien menggemaskan yang diberi nama CJ7. CJ7 inilah yang akhirnya membantu kehidupan mereka.

 

The Myth

safe_image

[Photo Credit : Film romantis berkedok Jackie Chan ]

 

Selain The Karate Kid, kalau kamu ngaku fans berat jackie Chan, kamu juga nggak akan ketinggalan buat menonton film ini sob. Film ini menceritakan seorang Jenderal Meng Yi (Jackie Chan) yang mendapat misi untuk menjemput putri dari Korea. Tapi ternyata negeri Korea nggak rela buat melepas sang putri dan bermaksud merebut kembali putri tersebut. Di tengah perjalanan dan pertempuran, ternyata Jenderal Meng Yi dan sang putri menjalin asmara. Sementara itu di jaman sekarang, Jack dan William, arkeolog dan seorang ilmuwan melakukan ekspedisi sejarah tentang pertempuran Jenderal Meng Yi. Dan yang bikin seru, ternyata Jack adalah reinkarnasi dari Jenderal Meng Yi.

Selain ceritanya yang mengharukan, OST dari film ini juga enak banget lho sob. Nih coba dengarkan.

Oh ya, sepertinya film ini cocok buat ditonton sama pasangan nih. Itu sih kalo kamu nggak jomblo. Muahahaha.

 

The Child’s Eye

safe_image (1)

[Photo Credit : Dek abang takut dek abang takut. *dadahkekamera]

 

Film animasi udah, film aksi udah, film komedi udah, sampe film yang bikin sedih juga udah. Nah sekarang giliran film horor nih sob. Buat kamu penggemar film horor, nggak afdol rasanya kalau kamu belum menonton film ini. Film ini bercerita tentang 3 pasang kekasih yang sedang berlibur ke Thailand. Karena terjadi kerusuhan di Thailand, rencana mereka buat pulang pun terpaksa di tunda. Akhirnya mereka memilih buat menginap di sebuah hotel tua. Nah anehnya nih, si pelayan restoran selalu menyajikan makanan berjumlah 7 orang, padahal kan mereka hanya berenam. Keanehan-keanehan lain pun juga mulai terjadi sob. Akhirnya nih mereka mencoba mencari tahu sebab dari keanehan-keanehan yang mereka alami. Sia-siap merinding nontonnya sob. Hiiii~

 

Dragon Blade

10872960_1044007505613739_2404766747422187478_o

[Photo Credit : Sedih ya sob kenapa harus di bioskop. Nggak ada temen nonton kan? ]

Lagi-lagi film dari Jackie Chan nih. Tapi yang bikin gembira, film ini bisa kamu tonton di bioskop sejak tanggal 18 Februari kemarin sob. Yap, film ini merupakan film terbaru dari Jackie Chan lho. Sepertinya memang sengaja dirilis untuk merayakan Imlek nih sob. Film ini berkisah tentang sosok Huo An (Jackie Chan) yang merupakan seorang Jenderal yang bertugas melindungi wilayah barat China. Tapi sayangnya, perang tersebut membuat sang Jenderal dijebak dan akhirnya diperbudak. Sementara di tempat lain, ada pasukan Romawi yang dipimpin oleh Jenderal Lucius (John Cusack) yang berusaha meloloskan diri. Sampai akhirnya Jenderal Huo An bertemu dengan Jenderal Lucius dan mereka dihadapkan oleh musuh yang mengancam nyawa mereka. Kalau kamu nggak sabar buat lihat aksi Jackie Chan, buruan gih nonton filmnya di bioskop. Mau nonton sendiri atau sama doi sob? Apa?! Jomblo? Idih kasian.

 

Gimana, gimana? Keren-keren kan pastinya? Semoga film-film Imlek rekomendasi ini bisa bikin Imlek-mu bahagia dan berwarna meskipun nggak dapat angpau. Kira-kira film mana nih yang udah pernah kamu tonton atau yang ingin banget kamu tonton? Ada rekomendasi film Imlek lainnya? Kasih tahu lewat komen ya.

Sekarang menyambut imlek, semuanya serba merah. Apa saja merah, lampion, lampu, baju sampai barongsai. Tradisi ini cukup unik, karena kita bisa mengenal budaya asli dari China ini, yaitu tahun baru Imlek. Budaya-budaya China sebenarnya cukup menarik untuk diikuti dan dibahas, mulai dari barongsai, kenapa warna merah mendominasi, lalu bagi-bagi angpao lalu kenapa warga China disana memperingati tahun baru secara meriah?

Tenang, kita tidak akan membahas semuanya. Tetapi kita akan membahas hal-hal unik yang ada hanya pada saat tahun baru imlek, khususnya di Indonesia. Yuk mulai,

Kue-kue seperti kue keranjang, permen, luobo gao dan lain-lain

1

[Photo Credit: Kue Keranjang]

Kue keranjang adalah kue yang pasti ada pada saat imlek. Kue keranjang ini biasanya dikemas bulat namun agak pipih dan berwarna coklat. Selain kue keranjang ada lagi jajanan khas imlek, yaitu perman dan luobo gao. Permen pasti semuanya tahu, tetapi apa itu luobo gao? Luobo gao adalah sejenis dim sum yang sering dijual di Indonesia. Jadi jika kalian mempunyai saudara yang keturunan China, kalian akan dengan mudah menemukan kue-kue diatas tadi.

Yang menarik adalah kisah kue keranjang. Jika dilihat dari namanya, kue keranjang sering ditempatkan di keranjang, dan banyak keluarga maupun teman dekat yang mengambil. Selain itu, kue keranjang itu lengket. Ternyata ada alasannya, yaitu agar erat hubungan antar keluarga.

Nuansa merah di daerah pecinan

2

[Photo Credit: Pecinan di Semarang]

Hampir disetiap daerah terdapat pecinan. Pecinan adalah kampung China atau di daerah tersebut didominasi orang keturunan China. Nah, jika kalian berjalan-jalan di pecinan di daerah kalian, maka nuansa merah akan sangat terasa. Mulai dari hiasan lampion, bahkan lampu di rumah kadang diganti warna merah. Pemandangan yang ada setahun sekali.

Pasar-pasar sudah banyak menjual pernik-pernik imlek

3

[Photo Credit: Suasana Imlek kental disalah satu pusat perbelanjaan]

Ini sebenarnya yang paling saya tunggu-tunggu – selain hari libur waktu imlek -, yaitu hampir di semua pasar atau pusat perbelanjaan akan berubah menjadi nuansa merah. Jika kalian adalah warga Surabaya, pasar atom adalah pusat perbelanjaan yang sangat berubah ketika imlek. Bahkan, nuansa valentine pun kalah dengan nuansa imlek. Biasanya pasar-pasar atau pusat perbelanjaan sudah bersolek pada awal bulan Februari.

Lihat barongsai

4

[Photo Credit: Barongsai]

Barongsai adalah kesenian asli orang China, dan dimainkan ketika ada perayaan besar, termasuk pada saat perayaan tahun baru Imlek. Barongsai ini unik, karena tidak sembarangan orang yang bisa memainkan barongsai. Barongsai di Indonesia bisa disebut sebagai tarian singa. Dan guna barongsai adalah untuk mengusir aura negatif.

Main di klenteng daerah kalian, pasti ramai

5

[Photo Credit: Klenteng]

Ingin jajan kue keranjang, ingin makan banyak buah, bahkan ingin mendapatkan angpao? Silahkan kunjungi klenteng-klenteng di daerah Anda. Dijamin Anda akan mendapatkan berkah. Enak kan, selain mendapatkan pengetahuan tentang budaya orang keturunan China, kalian juga mendapatkan berkah berupa makanan atau angpao.

Angpao!

6

[Photo Credit: Seorang anak dapat angpao]

Pertanyaannya, kenapa ada angpao di imlek? Dan apa sih sebenarnya arti dari angpao. Angpao adalah bahasa China yang berarti amplop yang berwarna merah. Lalu yang wajib memberikan angpao adalah orang yang sudah menikah. Karena menikah adalah dianggap merupakan peralihan dari anak-anak ke dewasa. Lalu bagaimana jika sudah dewasa tetapi belum menikah, ternyata masih berhak mendapatkan angpao lho.

Petasan!

7

[Photo Credit: Petasan]

Jika kalian perhatikan, petasan pada saat imlek semua berwarna merah. Kenapa? Karena dipercaya jika petasan yang dibakar adalah berwarna merah itu termasuk mendoakan kebahagiaan untuk keluarga maupun teman-teman dekat. Petasan biasanya dibunyikan pada saat malam tahun baru Imlek.

Lampion dimana-mana

8

[Photo Credit: Lampion]

Ini yang terakhir hiasan wajib warga keturunan China yang merayakan tahun baru Imlek, yaitu harus ada lampion. Lampion merupakan lampu yang menyala berwarna merah. Sebenarnya lampunya bukan yang berwarna merah, tetapi karena lapisan lampu lampionnya. JIka kalian memperhatikan, disetiap lampion akan tertera symbol-simbol yang merupakan huruf kaligrafi berisi doa para keluarga.

Gong Xi Fa Chai

9

[Photo Credit: Gong Xi Fa Chai]

Terakhir, kami tim AkuSenang mengucapakan Gong Xi Fa Chai.