Upacara Peringatan Kematian di Jepang Kini Juga Dilakukan Untuk Figur Anime

Upacara Peringatan Kematian di Jepang Kini Juga Dilakukan Untuk Figur Anime

Figur Anime
Source: YTimg with modification from AkuSenang

Ketika kita berbicara tentang upacara peringatan kematian, yang terbayang adalah upacara kematian untuk makhluk hidup yang sudah tiada. Baik itu manusia maupun hewan, kita bisa membayangkan bagaimana mereka diberikan sebuah upacara untuk mengenang mereka. Namun tahukah sobat bahwa di Jepang tidak hanya makhluk hidup saja yang diberi upacara peringatan kematian atau memorial service ini juga dilakukan untuk koleksi mainan atau figur yang dikoleksi oleh pemiliknya.

 

Masih Mencari Seorang Gadis Kuil Manis Untuk Melakukan Upacara Tersebut

Moe Miko
Source: Baka Gaijin

Entah bagaimana kuil yang terletak di Akihabara ini memiliki ide seperti ini, namun yang jelas hingga tulisan ini diturunkan masih belum diketahui bagaimana upacara ini akan dijalankan. Kuil yang mengusung upacara ini juga sedang membuka lowongan pekerjaan part time untuk para gadis kuil atau Miko untuk melakukan upacara ini. Spekulasi AkuSenang sih, mereka akan memberikan baju yang imut-imut untuk para Miko yang bekerja nantinya dan melakukan upacara yang berbeda dan lebih meriah, mengingat di budaya anime Jepang seorang Miko banyak yang memiliki baju yang fancy dan juga paras muka yang imut-imut bikin gemas.

Moe Miko
Source: Japan Addiction

 

Figur Anda Rusak? Tenang, Bakar Saja Figurnya di Kuil Ini

Figur Rusak
Source: Reddit

Prosesi upacara peringatan kematian sendiri menggunakan abu dari yang sudah meninggal, mengingat koleksi mainan ini sudah benda mati secara kodratnya, mungkin nantinya figur yang dinyatakan “telah meninggal” adalah figur yang sudah rusak atau bagian tubuhnya ada yang hilang dan tak tertolong lagi. Nantinya, mungkin figur-figur ini akan dibakar dan abunya diletakkan di dalam tempat dengan ornamen anime atau manga atau game atau tokusatsu dan sebagainya dan diberikan kembali kepada pemiliknya untuk dikenang, kita masih belum tahu. Yang jelas upacara ini bisa dikatakan memang cocok dilakukan di Akihabara, mengingat tempat ini adalah kiblat semua otaku di dunia.

Source: Baitoru via Rocketnews24

Featured image source: YTIMG with modification from AkuSenang.com

Comments